top of page
  • Gambar penulisTarto-kun

Taito Hatsune Miku Autumn (Renewal Version) Hasil Loot Dari Toko Action Figure Jogja!

お早う Looters!

Mantap sekali Loot ini, sampai jadi favoritnya emakku loh. Penasaran? Yuk baca reviewnya!


Taito kembali lagi dengan prize figure Hatsune Miku baru, yang diberikan tema Autumn atau musim gugur! Bagi kalian yang belum tahu tentang Taito, mereka punya arcade dimana-mana di Jepang. Dalam arcade mereka itu selain banyak game kayak di Timezone, ada game claw machine dimana kalian bisa mencoba untuk mengambil prize didalamnya menggunakan tangan cakar, tusukan atau penggunting. Itulah sebabnya figure Taito selalu dipanggil Prize Figure, atau figure hadiah. Tapi tidak gampang loh menangnya Looters (berbicara dari dompet yang terasa lebih ringan 1000 yen), makanya salut deh sama Action Figure Shop satu ini yang bisa dapatin 😉.



Setiap tahun, selalu ada rilis prize figure seasonal Hatsune Miku di setiap arcade Taito di Jepang. Sesuai dengan 4 musim di Jepang, ada versi spring, summer, autumn dan winter. Maka, waktu rilisnya pun menyesuaikan dengan mulainya musim. Biasanya, figure seasonal ini diberikan tema yang menyerupai perayaan musiman, seperti tema paskah, festival musim panas, halloween dan natal. Pada tahun ini, ilustrasi Mika Pikazo terpilih untuk dibuat jadi figure. Mika Pikazo adalah illustrator dibalik desain Hatsune Miku Magical Mirai 2018 dan juga Action Figure Nendoroid nya.



Stop berlama-lama, mari lihat Loot nya!


Front

Mulai dari box terlebih dahulu. Tahun ini, Hatsune Miku diberi tema layaknya turis-turis musim gugur di Jepang. Tidak seperti desain dengan tema halloween sebelumnya, Miku kali ini menjadi seorang pelancong yang mau menjelajahi indahnya musim gugur Jepang.


Dimensi box tidak terlalu besar. Tingginya 21,5 cm, lebar 16,5 cm dengan ketebalan hanya 10 cm.


Nama Figure ini adalah:


Hatsune Miku Figure
Original Autumn Clothing Ver. Renewal

Seperti namanya, Hatsune Miku Autumn ini adalah versi Renewal. Terdapat tiga versi lain, yaitu Akifuku, Online Crane dan Store Limited. Versi Akifuku memiliki warna sama dengan ilustrasi dari Mika Pikazo, seperti yang ada di samping kotak.


Yang store limited memiliki warna jaket biru, rok kuning, stocking merah, kaus kaki kuning, sepatu biru-putih dan matanya tutup satu. Tentunya, versi ini langka di Indonesia, dikarenakan versi ini hanya ada di beberapa lokasi Taito spesifik di Jepang. Bersyukurlah kalau bisa dapat 😊.

Kalau mau versi yang sangat amat langka adalah versi Online Crane. Secara penampilan sama persis dengan Original Autumn Renewal, tapi sekarang matanya nutup semua. Ini hanya bisa dimenangkan secara online dengan main game Online Crane milik Taito. Bayangin aja susahnya main crane yang asli, apalagi versi online Looters.



はい, mari kita unboxing!


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Prize figure Taito memang identik dengan packaging seperti ini. Figurenya terletak diantara dua kemasan plastik keras yang melindungi figurenya dari tekanan. Kita harus memotong dua selotip yang menyegel kemasan ini untuk membukanya, tapi sebenarnya cukup potong satu sisi saja agar bukanya seperti buku dan tidak berantakan. Sedikit info, karena ini sudah pernah kubuka dan kurakit, jadi rambutnya harusnya dialam plastik, dan figurnya terbungkus plastik. Basenya juga terbungkus plastik dan terletak di bagian belakang kemasan plastik figurenya.


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Bagian yang harus dirakit adalah rambut, koper+tangan kanan dan base nya. Kalian bisa buka lalu rakit dengan cara memasukkan bagian sesuai dengan bentuk colokkannya dan bentuk lubangnya. Uniknya, kali ini tangan Miku terpisah dari badannya dan nempel di kopernya.


Yuk kita rakit dulu


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Gampang kok rakitnya!

Figurenya sendiri memiliki tinggi 18 cm dengan diameter base kurang lebih 12,5 cm.


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Mari kita review mulai dari kepala


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Miku menggunakan topi baseball berwarna coklat-beige, dengan kancing berwarna kuning dan biru. Rambutnya berwarna biru khas Hatsune Miku, dengan ujung translucent yang juga diwarnai biru. Bahan rambutnya fleksibel, tidak gampang patah dan hasil pengecatan lumayan. Ada beberapa spot yang moldingnya masih kurang halus, tapi kalau kagak dipelototin dekat-dekat tidak akan kelihatan.


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Poninya terhiasi oleh dua hair clip berwarna kuning, mau ikutin ala-ala si Rin kali ya. Muka memiliki ekspresi gembira terhiasi dengan aksen lesung pipit pink dan senyuman mulut terbuka. Matanya terbuka dengan detail yang sangat bagus, terutama jika kita ingat ini adalah sebuah prize figure! Mata berwarna biru khas Hatsune Miku ini dihiasi titik-titik ungu dan biru juga dengan aksen oranye pastel sesuai dengan kostumnya. Mata dari Hatsune Miku Autumn Renewal Version ini dilukis langsung, jadi kalau Looters mau tahu palsu atau tidaknya paling terlihat di bagian ini. Figure palsu biasa memiliki mata disticker atau hasil lukisannya tidak bagus.


Lanjut ke badan


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Hatsune Miku Autumn Renewal Version memiliki hoodie berkancing coklat berwarna oranye pastel dan hood berwarna putih. Terdapat aksen jahitan merah dan silver di pinggiran jaket dan juga bunga-bunga berwarna merah dan kuning di ujung sleeve tangannya. Baju Miku berkerah berwarna putih dengan aksen stripes. Overall finishing dari pakaiannya sangat rapi dan kualitas moldingnya lumayan. Masih ada beberapa spot molding yang belum terlalu rapi, seperti di bagian hoodie yang cukup terlihat garis mold dikarenakan dia berwarna putih. Tapi lagi, kalau tidak dipelototin dekat-dekat tidak bakal kelihatan.


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Nah tangan kiri Miku itu nempel alias dilem Looters, jadi jangan dipaksa lepas ya kasihan tangannya sudah copot satu 😂. Sambungan bagian bahunya memang terlihat seperti bisa dilepas, tapi jangan coba-coba dicabut karena itu juga dilem.


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Tangan kanan Miku jadi satu dengan kopernya. Sedikit warning buat Looters, ini adalah salah satu bagian paling gampang rusak karena sambungan antara tangan dan koper sangatlah kecil, jadi saat pemasangan hati-hati jangan terlalu ditekan daerah ini. Kopernya memiliki handle berwarna hitam dengan tangkai silver yang flexible. Badan kopernya berwarna kuning, dihiasi aksen coklat di bagian-bagian kecilnya. Kesannya retro banget kayak koper tahun 90an gitu hehe. Kualitas finishing koper sangat bagus, detail dan moldingnya juga sangat bagus bahkan di bagian kecil seperti rodanya.


Lanjut ke bagian bawah ( ͡° ͜ʖ ͡°)


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Foto ini digunakan untuk tujuan edukasi

Kok kayaknya roknya bikin salfok ya Looters, kayak ada yang *ehem* "menonjol" dibawahnya. Berwarna hijau daun dengan rok dalam berwarna biru navy tua, kesannya yang sangat casual cocok sekali menyatunya dengan baju yang dipakai. Kualitas rok sangat rapi, molding rapi sekali dengan finishing yang oke. Bagian antara rok dalam dan luar mungkin agak susah dibersihkan ya, harus pakai kuas yang lumayan kecil. Pantsunya warna putih dan tidak ada yang spesial, jadi gak usah dipelototin terus 😒.


Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Stockingnya berwarna merah ceri dengan finishing matte yang lebih mengkilat, mungkin karena permukaannya jauh lebih halus dari bagian lainnya. Kemudian bagian kaki sendiri dihiasi oleh kaus kaki warna coklat seperti warna pada topi. Sepatu Miku merupakan heel sneaker berwarna kuning-putih bertali sepatu hitam. Lagi-lagi detailnya tidak mengecewakan sama sekali, sampai hal sekecil tali sepatu rapi sekali pengecatan dan moldingnya. Hanya jika dipelototin teliti, baru kelihatan garis mold disamping sepatu dan kaus kakinya.



Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version

Base dari figure ini hampir sama konsep desainnya dengan prize figure Taito seasonal lainnya. Warnanya oranye transparan dengan dua buah lubang tempat figur berdiri. Untuk Figure ini basenya terhiasi dengan semua yang menggambarkan musim gugur di Jepang. Tapi, ada juga yang menggambarkan figurenya sendiri seperti pita dan kancing. Melengkapi tema turis atau pelancong dari versi ini, di basenya juga terdapat ilustrasi kamera dan foto. Lubang di base juga sesuai besarnya dengan colokan di sepatunya, jadi tidak longgar atau resiko untuk paksa masuk dan pecahkan basenya (jangan tanya kenapa aku bisa tahu hal itu).



Hatsune Miku Original Autumn Renewal Version
Illustration by Mika Pikazo, © Crypton Future Media. INC. www.piapro.net Piapro, TAITO CORP. MADE IN CHINA

Base ini terukir 3 kalimat yang mengatakan bahwa ini diilustrasikan oleh Mika Pikazo, dengan copyright ke Crypton beserta tulisan website Piapro dan tentunya tulisan Made in China. Jangan khawatir, figure Taito memang kebanyakan dibuat di Cina. Pentingnya tulisan ini adalah kebanyakan figure palsu tidak memiliki 3 kalimat ini atau tertulis secara tidak rapi di base nya. Jadi perhatikan baik-baik ini Looters jika ingin membeli prize figure Taito.


Scoring Time!


Kualitas : 4/5


Sangat bagus seperti prize figure Taito lainnya. Tapi seperti prize figure lainnya juga banyak spot yang memiliki cat kurang halus dan beberapa spot kecil terlihat molding PVC yang kurang sempurna. Kualitas packaging sendiri oke, tapi bukan sesuatu yang istimewa. Art di boxnya sangat eye-catching dan bisa dipajang dengan sendirinya. Untuk kualitas material PVC terasa berat dan tidak kosong, yang mengartikan bahwa ini adalah cast berkualitas tinggi. Cat juga memberikan tekstur yang halus, dengan finishing matte memberikan warna kulit krim yang lembut.


Overall kualitas finishing bagus, sambungan lem kuat, dan tentunya terasa seperti sebuah figure premium.


Style : 5/5


Style dari figure ini sangat mirip atau sama persis dengan ilustrasinya. Terlebih juga pengukiran dari figure ini masih merefleksikan ilustrasi original dengan sangat baik (terlalu bagus ya imajinasi pengukirnya ( ͡° ͜ʖ ͡°) ). Untuk harganya yang terjangkau dan ketersediaan lumayan melimpah, ini merupakan figure eye-catching yang gampang didapat untuk mengisi rak pajangan Looters. Ngomong-omong saking eye-catchingnya aku gak bohong soal ini jadi figure favorit emakku. Kata emak "lucu banget figuranya, topi sama kopernya kayak punya mama dulu", Wah 🤣.


Kelangkaan : 3/5


Hatsune Miku Autumn Renewal Version adalah figure kelas entry sangat baik. Terutama buat Looters yang mau melengkapi koleksi seasonal prize figure Taito tahunan, ini adalah figure yang harus masuk ke koleksi Looters. Untuk Hatsune Miku Autumn Renewal Version ini tidak termasuk langka, tapi juga tidak terlalu umum seperti dari Sega. Maka kalau Looters mau coba beli ini, cari yang harganya paling oke, sekitar rentang Rp200-300 ribu merupakan harga standar dan diatas itu sudah terlalu mahal. Kira-kira dimana ya beli dengan harga yang paling oke?🤔


SKOR AKHIR : 4/5


Dengan skor 4, MikuLoot memberikan rating : VERY RECOMMENDED


Dapat Loot darimana sih? Kok tiap searching dapatnya harga yang buat dompet menangis? Apakah ini pengorbanan yang harus diberikan demi Waifu tersayang?


Daripada Looters ngemis kartu kredit buat bayar di Amazon atau bayar harga titipan yang overprice gak jelas, Toko Figure Jogja satu ini menyediakan banyak figure keren loh. Extalia Hobbies sudah sangat veteran di bisnis per-figuran. Koleksinya lengkap banget dan tentunya kru Extalia semuanya sangat passionate tentang bisnis ini. Hatsune Miku Autumn Renewal Version kutemukan di toko ini dan dari situ dapat banyak figure Miku lainnya, belum lagi yang sedang antri di Pre-Order.


Tidak akan nyesal kalau belanja di Extalia, terutama Looters yang mau memulai koleksi figurenya. Harganya pas ditambah Pre-Order selalu konsisten dengan berita rilis figure baru membuat tempat yang cocok untuk menyuplai koleksi Looters biar selalu update. Belum lagi ready stoknya, langsung auto khilaf Looters. Silahkan dicek tokonya ya, oh bagi Looters yang mau lihat-lihat langsung ada toko fisik di Jogja. Tapi mending Looters cek websitenya saja sekarang, kan gak boleh keluar hehe. Kecuali kalau berburu Waifu itu termasuk urusan mendesak?🤔



Nantikan post selanjutnya ya! Masih banyak loh koleksiku 😁

In the future I will post the English version. So stick around and pay attention to the English tag!


-TA


63 tampilan0 komentar
bottom of page